Berikut ini contoh laporan PPL B
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Fungsi
utama Lembaga pendidikan Tenaga kependidikan adalah menyelenggarakan
kependidikan mahasiswa/I praktikan bagi tenaga kependidikan yang bertujuan
mendidik mahasiswa/I menjadi guru yang professional. Untuk memperoleh hasil
yang diharapkan, tentu harus ada pengalaman lapangan (PPL) ini, calon guru
dapat menjadi guru akan memperoleh keterampilan dalam mengajar, dan menjadi
guru yang professional.
B.
Tujuan
Adapun
tujuan PPL adalah :
1.
Tujuan
Umum
1. Memberikan
kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh pengalaman nyata dalam
mengaplikasikan teori pengolahan mengajar.
2. Memberikan
pengalaman langsung dan nyata sebagai usaha menigkatkan diri untuk kegiatan
professional sebagai tolak ukur peningkatan kemampuan guru.
3. Mendorong
mahasiswa?i FKIP-GL untuk selalu mawas diri atas kegiatan professional sebagai
tolak ukur peningkatan kemampuan mengajar.
4. Meningkatkan
kompetensi professional guru dalam hal pengolaan kegiatan belajar mengajar.
2.
Tujuan
Khusus
a. Diharapkan
mahasiswa/I yang praktikan memiliki pengetauan teoritis dan praktik tentang
kegiatan belajar mengajar.
b. Diharapkan
mahasiswa/I memiliki ketarampilan untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis
kedalam praktek kerja lapangan.
c. Diharapkan
mahasiswa/I dapat memiliki komitmen terhadap tugas-tugas professional antara
lain melayani siswa, meningkatkan keahlian dan memberikan pelayanan kepada
masyarakat.
BAB II
KEGIATAN-KEGIATAN DALAM PPL
A. Observasi
Pelaksanaan
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) untuk sekolah menengah atas di sekolah MAN
Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara dilakukan bertujuan untuk mempermudah
mahasiswa/I baik dari segi waktu maupun penentuan sekolah disesuakan dengan
tempat mahasiswa tinggal, adapun cara yang dapat dilakukan dalam observasi ini yaitu
melihat secara langsung data administarinya juga bertanya secara langsung
kepada guru-guru siswa dan pegawai.
Observasi Lapangan
a.
Keadaan
Fisik Sekolah
Ø Luas
tanah :
2 Hektar
Ø Jumlah
Ruang Kelas keseluruhan : 17
Ruang
Ø Ukuran
Ruang Kelas :
8 x 9 m
Ø Lapangan
Olahraga (Jenis Pengukuran)
a. Lapangan
volley :
Ada ukuran standar 9 x 2 = 18 m
b.
Keadaan
Lingkungan yang mengelilingi sekolah
1. Jenis
Bangunan yang mengelilingi sekolah :
-
Sebelah Timur : Jalan Raya
-
Sebelah Selatan : SMA 1 Kutacane
-
Sebelah Barat : Stadion Pemuda
-
Sebelah Utara : SMPN 2 Kutacane
2. Kondisi
lingkungan sekolah :
Strategis dan aman
c.
Fasilitas
sekolah ( Jenis, Kwantitas dan Kualitas)
1. Perpustakaan
:
Permanen, 1 Bagus
2. Laboratorium
:
Permanen, 1 Sangat Bagus
3. Ruang
Kepala Sekolah :
Permanen, 1 Bagus
4. Ruang
Tata Usaha :
Permanen, 1 Bagus
5. Ruang
Guru :
Permanen, 1 Bagus
d.
Penggunaan
Sekolah
1. Jumlah
sekolah yang menggunakan bagunan ini :
1 (satu)
2. Jumlah
“shift” setiap hari :
17 Ruang Kelas
e.
Guru
dan siswa
1. Jumlah
Kelas :
17 Ruang Kelas
a. Kelas
X :
225 orang
b. Kelas
XI :
231 orang
c. Kelas
XII :
182 orang
d. Jumlah
siswa putra seluruhnya : 290 orang
e. Jumlah
siswa putri seluruhnya : 348 orang
f. Jumlah
rata-rata/ kelas :
40 orang
2. Jumlah
Guru selurunya :
38 orang
a. Guru
tetap :
34 orang
b. Guru
tidak tetap :
14 orang
c. KTU
dan staf :
4 orang
f.
Interaksi
Sosial
1. Hubungan
antara guru :
Sangat Baik
2. Hubungan
antara guru dan siswa : Sangat
Baik
3. Hubungan
antara siswa :
Baik
4. Hubungan
antara guru dan pegawai TU : Baik
2.Observasi Kegiatan
Belajar – Mengajar
Ada
3 langkah dalam kegiatan belajar mengajar yaitu :
1.
Apersepsi / Pendahuluan
Dalam
kegiatan belajar mengajar untuk pertama kali setelah salam yaitu menanyakan
apersepsi tentang suatu hal, terutama tentang materi yang akan diajarkan. Jadi
antara guru dan anak didik harus memiliki apersepsi terlebih dahulu.
2.
Kegiatan Inti
Pemberian
materi setelah apersepsi kegiatan ini dapat dilakukan dengan berbagai macam
metode seperti ceramah, diskusi, demontrasi, Tanya jawab dan lain-lain. Dalam
kegiatan inti ini akan diterapkan keterampilan bertanya, keterampilan penguat
yang dilakukan dengan kata-kata gerakan, dan pukulan kecil bertujuan agar
selama proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan baik.
3.
Penutup
Didalam
kegiatan penutup guru memberikan suatu pertanyaan tentang materi yang telah
dijelaskan. Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah peserta
didik mampu menyerap materi sesuai dengan apa yang diinginkan. Sebelum
mengakhiri pelajaran guru memberikan tugas siswa untuk pertemuan berikutnya.
Bagian penutup berlangsung selama 5 menit.
B.
Pelatihan
Keterampilan Mengajar Dan Tugas-Tugas Keguruan Lainnya Secara Terbimbing
Dalam
pelatihan mengajar mahasiswa harus memperhatikan teknik metode, yang digunakan oleh guru pamong dalam proses belajar mengajar
berlangsung. Setelah mahasiswa akan diijinkan oleh guru pamong mengajar didalam
kelas dengan syarat semua administrasi pembelajaran telah selesai dikerjakan
yang bertujuan agar kurikulum dapat tercapai. Keteampian dan tugas-tugas guru
yaitu :
a.
Membuat program tahunan, program
semester dan rincian minggu efektif
b.
Membuat selabus dan rencana pelaksanaan
pembelajaran
c.
Mengajar dengan jadwal yang telah
ditentukan
Table
:jadwal mengajar mata pelajaran Biologi di MAN Kutacane
Jam
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jumat
|
Sabtu
|
1.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
3.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4.
|
-
|
X5
|
-
|
-
|
-
|
-
|
5.
|
-
|
X5
|
XI
Ipa 1
|
-
|
XI
Ipa 1
|
-
|
6.
|
-
|
X5
|
XI
Ipa 1
|
-
|
XI
Ipa 1
|
-
|
7.
|
-
|
-
|
XI
Ipa 1
|
-
|
-
|
-
|
8.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
d.
Mengabsen siswa
e.
Melakukan evaluasi
BAB III
KEGIATAN – KEGIATAN DALAM PPL
A.
Pengalaman
Selama
melaksanakan teaching dan non teaching di MAN Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara,
terlebih dahulu melakukan observasi dilingkungan sekolah, setelah melakukan
observasi maka diperoleh data-data sehingga dapat dikumpulkan dan dibahas
bersama, sehingga dapat mengukur situasi dan kondisi sekolah yang sebenarnya.
Setelah
mengetahui informasi tentang sekolah maka mahasiswa PPL akan mudah untuk
beradaptasi dengan guru-guru dan staf pegawai yang ada disekolah MAN kutacane.
B.
Pengetahuan
Keterampilan
mengajar maksudnya agar mahasiswa PPL mampu mengejar dengan baik. Guru pamong
memberikan kesempatan kepada mahasiswa PPL untuk mengamati bagaimana strategi
menghadapi siswa dalam kelas. Guru pamong akan membimbing mahasiswa PPL dalam
mengatasinya.
Dalam
pelaksanaan inilah banyak memperoleh pengetahuan-pengetahuan dalam belajar
mengajar, karena guru pamong selalu memberikan bimbingan, membantu dan
mendiskusikan segala masalah-masalah yang ada.
C.
Keterampilan
Didalam
proses belajar dan mengajar membantu mahasiswa PPL untuk memperoleh
keterampilan, dimana masalah-masalah yang ada seperti adanya keributan didalam
kelas, dan dalam memilih metode yang akan digunakan, dapat diselesaikan dengan
cara berkonsultasi dengan guru pamong. Sehingga mahasiswa dapat menghadapi
masalah yang ada dan dapat memahami peserta didiknya.
D.
Pelaksanaan
Ujian
Pelaksaan
ujian dilaksanakan setelah mahasiswa PPL menjelaskan materi, yang bertujuan
untuk member umpan balik agar dapat mengetahui daya serap siswa dalam
memahamimateri yang diberikan.
E.
Evaluasi
Kegiatan Selama PPL
1.
Kurangnya fasilitas sekolah sehingga
proses belajar mengajar kurang maksimal.
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Selama
PPL berlangsung, maka menyusun dapat menyimpulkan :
1.
Praktek pengalaman Lapangan (PPL) sangat
bermanfaat bagi mahasiswa PPL, karena praktikan ini dapat memperoleh
keterampilan.
2.
Keterampilan mengajar serta tugas-tugas
lainnya bertujuan agar mahasiswa PPL dapat memperoleh kesempatan untuk
keterampilan apa saja yang dilihat dari guru pamong.
3.
Keharmonisan suasana dalam proses
belajar dan mengajar.
4.
Kegiatan penyusunan laporan akhir yang
bertujuan untuk mendokumentasikan semua kegiatan selama melaksanakan PPL.
B.
Saran
1.
Mahasiswa/I benar-benar mempersiapkan
diri dalam penguasaan meteri pelajaran, penguasaan kelas, dan dalam mengatasi
hal yang mengganggu ketenangan belajar diruang kelas.
2.
Mahasiswa/I praktikan mampu dan siap
menyesuaikan diri terhadap lingkungan sekolah. Terhadap guru-guru dan terhadap
siswa-siswa dilingkungan sekolah itu sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar anda menyelamatkan kami :)