Latest Updates

MAKALAH SEPAK BOLA (sejarah danperaturan permainan sepak bola)



BAB I
PENDAHULUAN


Sepak bola adalah olahraga menggunakan bola yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang. Memasuki abad ke-21, olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara, yang menjadikannya olahraga paling populer di dunia. Sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan menggunakan bola kulit ke gawang lawan. Sepak bola dimainkan dalam lapangan yang berbentuk persegi panjang, di atas rumput atau rumput sintetis.
Secara umum hanya penjaga gawang saja yang berhak menyentuh bola dengan tangan atau lengan di dalam daerah gawangnya, sedangkan 10 (sepuluh) pemain lainnya hanya diijinkan menggunakan seluruh tubuhnya selain tangan, biasanya dengan kaki untuk menendang, dada untuk mengontrol, dan kepala untuk menyundul bola. Tim yang mencetak gol lebih banyak pada akhir pertandingan adalah pemenangnya. Jika hingga waktu berakhir masih berakhir imbang, maka dapat dilakukan undian, perpanjangan waktu maupun adu penalti, tergantung dari format penyelenggaraan kejuaraan.
Peraturan pertandingan secara umum diperbarui setiap tahunnya oleh induk organisasi sepak bola internasional (FIFA), yang juga menyelenggarakan Piala Dunia setiap empat tahun sekali.



BAB II
PEMBAHASAN

A.     SEPAK BOLA
1.      Sejarah
Sejarah olahraga sepak bola dimulai sejak abad ke-2 dan -3 sebelum Masehi di Cina. Di masa Dinasti Han tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil. Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari]. Di Italia, permainan menendang dan membawa bola juga digemari terutama mulai abad ke-16.
Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dan menjadi sangat digemari. Di beberapa kompetisi, permainan ini menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan sehingga akhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365. Raja James I dari Skotlandia juga mendukung larangan untuk memainkan sepak bola.  Pada tahun 1815, sebuah perkembangan besar menyebabkan sepak bola menjadi terkenal di lingkungan universitas dan sekolah. Kelahiran sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul dan merumuskan aturan baku untuk permainan tersebut. Bersamaan dengan itu, terjadi pemisahan yang jelas antara olahraga rugby dengan sepak bola (soccer). Pada tahun 1869, membawa bola dengan tangan mulai dilarang dalam sepak bola. Selama tahun 1800-an, olahraga tersebut dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia.[7] Pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) dibentuk dan pada awal tahun 1900-an, berbagai kompetisi dimainkan diberbagai negara.

2.      Masuk KeIndonesia
Sejarah sepak bola di Indonesia diawali dengan berdirinya Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Yogyakarta pada 19 April 1930 dengan pimpinan Soeratin Sosrosoegondo.[20] Dalam kongres PSSI di Solo, organisasi tersebut mengalami perubahan nama menjadi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia.[20] Sejak saat itu, kegiatan sepak bola semakin sering digerakkan oleh PSSI dan makin banyak rakyat bermain di jalan atau alun-alun tempat Kompetisi I Perserikatan diadakan.[21] Sebagai bentuk dukungan terhadap kebangkitan "Sepakbola Kebangsaan", Paku Buwono X mendirikan stadion Sriwedari yang membuat persepakbolaan Indonesia semakin gencar.
Sepeninggalan Soeratin Sosrosoegondo, prestasi tim nasional sepak bola Indonesia tidak terlalu memuaskan karena pembinaan tim nasional tidak diimbangi dengan pengembangan organisasi dan kompetisi.[21] Pada era sebelum tahun 1970-an, beberapa pemain Indonesia sempat bersaing dalam kompetisi internasional, di antaranya Ramang, Sucipto Suntoro, Ronny Pattinasarani, dan Tan Liong Houw.[21] Dalam perkembangannya, PSSI telah memperluas kompetisi sepak bola dalam negeri, di antaranya dengan penyelenggaraan Liga Super Indonesia, Divisi Utama, Divisi Satu, dan Divisi Dua untuk pemain non amatir, serta Divisi Tiga untuk pemain amatir.[21] Selain itu, PSSI juga aktif mengembangkan kompetisi sepak bola wanita dan kompetisi dalam kelompok umur tertentu (U-15, U-17, U-19,U21, dan U-23)

3.      Aturan Permainan Sepak Bola
  1. Lapangan

1.      Ukuran: panjang 100-110 m x lebar 64-75 m
2.      Garis batas: garis selebar … cm, yakni garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung-ujung, dan garis melintang tengah lapangan; … m lingkaran tengah; tak ada tembok penghalang atau papan
3.      Daerah penalti: busur berukuran 18 m dari setiap pos
4.      Garis penalti: 11 m dari titik tengah garis gawang
5.      Garis penalti kedua: … m dari titik tengah garis gawang
6.      Zona pergantian: daerah … m (… m pada setiap sisi garis tengah lapangan) pada sisi tribun dari pelemparan
7.      Gawang: lebar 7 m x tinggi 2,5 m
8.      Permukaan daerah pelemparan: halus, rata, dan tak abrasive

2.      Ukuran Bola

  • Ukuran standar bola sepak adalah berdieameter 68–70 cm dan berat 410–450 g, Tekanan 8–12 psi,
  • Apabila bola dijatuhkan ke tanah, kelembaman bola sekitar 60 %, yang artinya jika dijatuhkan dari ketinggian 1 meter, maka bola akan memantul balik setinggi 60 cm.
  • Bola tidak boleh sewarna dengan warna lapangan, maka tidak ada bola yang berwarna hijau. ( meskipun dalam peraturan FIFA tidak ada peraturan resmi mengenai warna bola ).
  • Untuk mengatasi lapangan yang tertutup salju, harus digunakan bola berwarna orange atau merah cerah.
  • Lapisan bola tidak boleh polos, artinya harus bercorak, karena untuk memperjelas penglihatan jika bola terkena efek berputar.

3.      Team
-         Jumlah pemain maksimal untuk memulai pertandingan: 11, salah satunya penjaga gawang
-         Jumlah pemain maksimal keluar lapangan(tidak termasuk cedera): 4
-         Jumlah pemain cadangan maksimal: 12
-         Jumlah wasit: 1
-         Jumlah hakim garis: 2-4
-         Batas jumlah pergantian pemain: 3 kecuali pertandingan uji coba

4.      Perlengkapan Permainan
-         Kaos bernomor (sejak tahun 1954)
-         Celana pendek
-         Kaos kaki
-         Pelindung tulang kering
-         Alas kaki bersolkan karet

5. Lama Permainan
Lama permainan sepak bola normal adalah 2 × 45 menit, ditambah istirahat selama 15 menit di antara kedua babak. Jika kedudukan sama imbang, maka diadakan perpanjangan waktu selama 2×15 menit, hingga didapat pemenang, namun jika sama kuat maka diadakan adu penalti. Wasit dapat menentukan berapa waktu tambahan di setiap akhir babak sebagai pengganti dari waktu yang hilang akibat pergantian pemain, cedera yang membutuhkan pertolongan, ataupun penghentian lainnya. Waktu tambahan ini disebut sebagai injury time atau stoppage time.
Gol yang dicetak dalam perpanjangan waktu akan dihitung menjadi skor akhir pertandingan, sedangkan gol dari adu penalti hanya menentukan apabila suatu tim dapat melaju ke pertandingan selanjutnya ataupun tidak (tidak mempengaruhi skor akhir). Pada akhir tahun 1990-an, International Football Association Board (IFAB) memberlakukan sistem gol emas (golden gol) atau gol perak (silver gol) untuk menyelesaikan pertandingan. Dalam sistem gol emas, tim yang pertama kali mencetak gol saat perpanjangan waktu berlangsung akan menjadi pemenang, sedangkan dalam gol perak, tim yang memimpin pada akhir babak perpanjangan waktu pertama akan keluar sebagai pemenang. Kedua sistem tersebut tidak lagi digunakan oleh IFAB.


 

BAB III
PENUTUP

A.     KESIMPULAN
Sepak bola adalah olahraga menggunakan bola yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang.
Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dan menjadi sangat digemari. Di beberapa kompetisi, permainan ini menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan sehingga akhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365.
aturan dalam permainan sepak bola.
Sejarah olahraga sepak bola dimulai sejak abad ke-2 dan -3 sebelum Masehi di Cina.[7] Di masa Dinasti Han tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil.[7] Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari[8]. Di Italia, permainan menendang dan membawa bola juga digemari terutama mulai abad ke-16



 



DAFTAR PUSTAKA


54 Responses to "MAKALAH SEPAK BOLA (sejarah danperaturan permainan sepak bola)"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. opps Maaf, judulnya sejarah dan aturan permainan sepak bola. thq da koment

    BalasHapus
  3. menarik juga
    http://cbs-bogor.net/

    BalasHapus
  4. www.sukasuka.info Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi.

    BalasHapus
  5. PROMO FREECHIP Rp. 10.000 setiap hari di AsikQQ.com !!
    ------------------------------------------------
    FREECHIP Rp. 10.000 setiap hari hanya di asikQQ.com !!!
    BONUS CASHBACK 0,3% setiap minggu..
    BONUS REFERRAL 20% seumur hidup!!!

    Minimal DP dan WD hanya Rp. 15.000

    AsikQQ.com menyediakan game POKER + DOMINOQQ + CAPSA SUSUN ONLINE

    Contact Us :

    BBM : 55DD65F6
    YM : AsikQQ@yahoo.com
    TLP / WA : +855-85565180
    FaceBook : AsikQQ
    LINE : AsikQQ
    WeChat : AsikQQ
    Twitter : AsikQQ

    www.AsikQQ.c0m

    BalasHapus
  6. PROMO FREECHIP Rp. 10.000 setiap hari di AsikQQ.com !!
    ------------------------------------------------
    FREECHIP Rp. 10.000 setiap hari hanya di asikQQ.com !!!
    BONUS CASHBACK 0,3% setiap minggu..
    BONUS REFERRAL 20% seumur hidup!!!

    Minimal DP dan WD hanya Rp. 15.000

    AsikQQ.com menyediakan game POKER + DOMINOQQ + CAPSA SUSUN ONLINE

    Contact Us :

    BBM : 55DD65F6
    YM : AsikQQ@yahoo.com
    TLP / WA : +855-85565180
    FaceBook : AsikQQ
    LINE : AsikQQ
    WeChat : AsikQQ
    Twitter : AsikQQ

    www.AsikQQ.c0m

    BalasHapus
  7. artikelnya bagus, membangun dan memotifasi,, selamat za min..
    www.sepatusafetyonline.com

    BalasHapus
  8. Tips Marketing Paling TOP

    http://www.evokefashionstore.com/2015/08/strategi-marketing-agar-penjualan.html

    BalasHapus
  9. Thanks makalah nya. informasinya sangat bermanfaat

    kunjungi juga ya
    http://kumpulanmakalah4.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  10. https://wsdsite.wordpress.com/2017/11/21/pembalap-jerman-rajai-etape-3-tour-de-singkarak/

    BalasHapus
  11. terima kasih, makalah ini bermanfaat..
    My blog

    BalasHapus
  12. Negara22.net merupakan agen poker dan agen domino online uang asli terpercaya di Indonesia.
    Mari segera daftarkan diri Anda sekarang juga dan bermain di NegaraQQ yang menyediakan 8 games untuk 1 user id. Anda dapat bermain poker, domino99, capsa, bandarQ, Adu Q, dan Bandar Poker, & bandarsakong secara online dan dapat dimainkan dimana saja. Games ini juga bisa dimainkan di Smartphone kesayangan Anda seperti IOS dan Android. Daftar segera di : agendomino99

    BalasHapus
  13. "I loved as much as you will receive carried out right here.The sketch is attractive, your authored material stylish. nonetheless,you command get bought an nervousness over that you wish you command get bought an nervousness over that you wish come more formerly again as exactly the same
    nearly very often inside case you shield this hike. ""Very nice post. I just stumbled upon your weblog and wished to mention that I've really loved surfing around your weblog posts.
    After all I will be subscribing on your rss feed and I'm hoping you write again soon!"
    Dont Forget To Come to my website
    Official Website : LINK ALT SAHABAT QQ
    http://sahabatqq.in/

    BalasHapus
  14. bebasqq merupakan situs poker online uang asli terpercaya yang sudah menjadi pilihan banyak pemain online Indonesia, situs ini juga merupakan situs bandarq terpercaya dan dominoqq terpercaya dimana sangat direkomendasikan oleh pemain pemain judi oniline, apalagi dilayani oleh cs yang ramah dan baik hati.

    *untuk minimal deposit dan withdraw hanya 20 ribu rupiah
    *bisa memainkan 8 jenis permainan dalam 1 user id yaitu *aduq,bandarq,dominoqq,bandar66,poker,bandarpoker,sakong,dan capsa susun
    *bank yang tersedia bca,bni,bri,danamon,dan mandiri
    *via ovo tersedia

    kunjungi langsung website kami di :

    bebasqq
    bandarq terpercaya
    agen domino teraman dan terpercaya

    BalasHapus

Komentar anda menyelamatkan kami :)