Kebutuhan tubuh sehari-hari




PROTEIN

1.      Pengertian Protein
Protein adalah senyawa kimia yang mengandung asam amino, tersusun atas atom-atom C, H, O, dan N.
2.      Fungsi Protein
Protein memainkan peran utama dalam memastikan kesehatan tubuh Anda, ada tak terhitung fungsi protein dalam tubuh.
3.      Akibat kekurangan Protein
Diantara kelaparan yang berat dan nutrisi yang cukup, terdapat tingkatan yang bervariasi dari nutrisi yang tidak memadai, seperti kurang kalori protein (kkp), yang merupakan penyebab kematian pada anak-anak di negara-negara berkembang.
4.      Akibat kelebihan protein
Protein secara berlebiha tidak menguntungkan bagi tubuh. Makanan yang tinggi protein biasanya tinggi lemak sehingga dapat dapat menyebabkanobesitas.
5.      Sumber baha pokok protein
Bahan makan hewani merupakan sumber protein yang baik, dalam jumlah maupun mutu, seperti telur, susus, dagoing, unggas, ikan, dan kerang. Sumber protein nabati ialah kacang kedele, dan hasilnya sepeti tempe dan tahu serta kacang-kacangan lain.


KARBOHIDRAT

1.      Pengertian karbohidrat
Karbohidrat ('hidrat dari karbon', hidrat arang) atau sakarida (dari bahasa Yunani σάκχαρον, sákcharon, berarti "gula") adalah segolongan besar senyawa organik yang paling melimpah di bumi.
2.      Fungsi karbohidrat
Fungsi utama karbohidrat adalah menyediakan energi bagi tubuh.
3.      Akibat kekurangan karbohidrat
Jika tubuh kekurangan karbohidrat, untuk menghasilkan energi tubuh menggunakan cadangan lemak. Jika cadangan lemak habis, tubuh menggunakan cadangan protein. 
4.      Akibat kelebihan karbohidrat
Jika tubuh kelebihan karbohidrat, kelebihan tersebut akan disimpan dalam bentuk lemak di bawah kulit maupun protein jika diperlukan.
5.      Sumber bahan pokok karbohidrat
Sumber utama karbohidrat di dalam makanan berasal dari tumbuh-tumbuhan,dan hanya sedikit saja yang termasuk bahan makanan hewani.

LEMAK 

1.      Pengertian lemak
Lemak adalah sekelompok ikatan organik yang terdiri atas unsurunsurCarbon (C), Hidrogen (H), Oksigen(O) yang mempunyai sifat dapatlarut dalam zat-zat pelarut tertentu (zat pelarut lemak).
2.      Fungsi lemak
Secara umum dapat dikatakan bahwa lemak memenuhi fungsi dasar bagi manusia, yaitu: 
(1)   Menjadi cadangan energi dalam bentuk sel lemak. 1 gram lemak menghasilkan 39.06 kjoule atau 9,3 kcal.
(2)   Lemak mempunyai fungsi selular dan komponen struktural pada membran sel yang berkaitan dengan karbohidrat dan protein demi menjalankan aliran airion dan molekul lain, keluar dan masuk ke dalam sel.
(3)   Menopang fungsi senyawa organik sebagai penghantar sinyal, seperti pada prostaglandin dan steroid hormon dan kelenjar empedu.
(4)   Menjadi suspensi bagi vitamin A, D, E dan K yang berguna untuk proses biologis
(5)   Berfungsi sebagai penahan goncangan demi melindungi organ vital dan melindungi tubuh dari suhu luar yang kurang bersahabat.
Lemak juga merupakan sarana sirkulasi energi di dalam tubuh dan komponen utama yang membentuk membran semua jenis sel.

3.      Akibat kekurangan lemak
Kekurangan lemak dapat menimbulkan kerugian bagi kesehatan manusia. Beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan akibat kekurangan lemak antara lain; depresi, dyslexia (anak yang sulit membaca), sulit konsentrasi, autis, merasa lelah, daya ingat yang lemah dan problem pada perilaku.
4.      Akibat kelebihan lemak
Konsumsi lemak yang berlebihan memberikan efek buruk bagi kesehatan karena merupakan salah satu faktor yang dapat memicu berbagai gangguan dalam kesehatan, seperti hipertensi.
5.      Sumber bahan pokok lemak
Makanan yang mengandung lemak biasanya terdapat di kacang-kacangan spt di kacang mente, kacang kulit, coklat, dan pasti ada juga di goreng-gorengan seperti pisang goreng atau gorengan lainnya. ( makanan yang mengandung minyak)

MINERAL

1.      Pengertian Mineral
Mineral adalah senyawa alami yang terbentuk melalui proses geologis. Istilah mineral termasuk tidak hanya bahan komposisi kimia tetapi juga struktur mineral. Mineral termasuk dalam komposisi unsur murni dan garam sederhana sampai silikat yang sangat kompleks dengan ribuan bentuk yang diketahui (senyawaan organik biasanya tidak termasuk). Ilmuyang mempelajari mineral disebut mineralogi.
2.      Fungsi mineral
Ada tiga fungsi utama mineral yaitu:
1.       Sebagai kompenen utama tubuh (structural element) atau penyusun kerangka tulang, gigi dan otot-otot. Ca, P, Mg, Fl dan Si untuk pembentukan dan pertumbuhan gigi sedang P dan sekolah luar biasa untuk penyusunan protein jaringan.
2.       Merupakan unsur dalam cairan tubuh atau jaringan, sebagai elektrolit yang mengatur tekanan osmuse (Fluid balance), menegatur keseimbangan basa asam dan permeabilitas membran. Contoh adalah Na, K, Cl, Ca dan Mg
3.       Sebagai aktifator atau terkait dalam peranan enzyme dan hormon.
Mineral yang akan dibicarakan di sini adalah yaitu makromineral dan mikromineral. Makromineral adalah mineral-mineral yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang cukup besar, sebaliknya mikromineral adalah mineral-mineral yang diperlukan dalam jumlah yang sedikit.
3.      Akibat kekurangan mineral
Apabila tubuh kekurangan mineral, maka tubuh tidak akan mampu untuk membangun jaringan tubuh, otot tidak mampu untuk berkontraksi, fungsi saraf menjadi terganggu, darah tidak dapat menggumpal, pH tubuh tidak stabil, tubuh tidak dapat memperoleh energi dari makanan karena terganggunya proses metabolisme.
4.      Akibat kelebihan mineral
Kelebihan Mineral dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan keracunan.
5.      Sumber bahan pokok mineral
Mineral dapat diperoleh dari tumbuh-tumbuhan hewan dan hasil alamlainnya.

JENIS – JENIS VITAMIN


Vitamin (bahasa Inggris: vital amine, vitamin) adalah sekelompok senyawa organik amina berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme, yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh.
Nama ini berasal dari gabungan kata bahasa Latin vita yang artinya "hidup" dan amina (amine) yang mengacu pada suatu gugus organik yang memiliki atom nitrogen (N), karena pada awalnya vitamin dianggap demikian. Kelak diketahui bahwa banyak vitamin yang sama sekali tidak memiliki atom N. Dipandang dari sisi enzimologi (ilmu tentang enzim), vitamin adalah kofaktor dalam reaksi kimia yang dikatalisasi oleh enzim. Pada dasarnya, senyawa vitamin ini digunakan tubuh untuk dapat bertumbuh dan berkembang secara normal.
Terdapat 13 jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik. Vitamin tersebut antara lain vitamin A, C, D, E, K, dan B (tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, biotin, vitamin B6, vitamin B12, dan folat). Walau memiliki peranan yang sangat penting, tubuh hanya dapat memproduksi vitamin D dan vitamin K dalam bentuk provitamin yang tidak aktif. Oleh karena itu, tubuh memerlukan asupan vitamin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Buah-buahan dan sayuran terkenal memiliki kandungan vitamin yang tinggi dan hal tersebut sangatlah baik untuk tubuh. Asupan vitamin lain dapat diperoleh melalui suplemen makanan.
Vitamin memiliki peranan spesifik di dalam tubuh dan dapat pula memberikan manfaat kesehatan. Bila kadar senyawa ini tidak mencukupi, tubuh dapat mengalami suatu penyakit.  Tubuh hanya memerlukan vitamin dalam jumlah sedikit, tetapi jika kebutuhan ini diabaikan maka metabolisme di dalam tubuh kita akan terganggu karena fungsinya tidak dapat digantikan oleh senyawa lain. Gangguan kesehatan ini dikenal dengan istilah avitaminosis. Contohnya adalah bila kita kekurangan vitamin A maka kita akan mengalami kerabunan. Di samping itu, asupan vitamin juga tidak boleh berlebihan karena dapat menyebabkan gangguan metabolisme pada tubuh.

Berikut Pembagiannya :
 


VITAMIN A

1.        Pengertian Vitamin A
Vitamin A adalah sejumlah makanan yang terdapat dalam makanan.
2.        Funsi vitamin A
Berfungsi untuk mempertahankan fungsi tubuh.
3.        Akibat kekurangan vitamin A
bila kekurangan : menimbulkan kerentaan terhadap penyakit impeksi gangguan penglihatan seperti: buta senja, xeroftalmia atau kekeringan pada selaput kolea mata, serta pecahnya biji mata.

4.        Akibat kelebihan vitamin A
Kelebihan : menimbulkan ’keracunan ’ yang mengahibatkan tulang rapuh, menyebabkan nyeri pada persendian, sakit kepala, kulit kering, bersisik dapat berubah kekuning-kuningan serta kerusakan\pembengkakan hati.
5.      Sumber bahan pokok vitamin A
Sumber unsur hewani berupa ikan, telur, daging, hati sapid an susu, serta unsur nabati berupa sayuran seperti wartel, labu, dan bayam.

VITAMIN B Kompleks 

Jenis Vitamin B
Vitamin B memiliki 8 jenis, yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan berbagai penyakit. Itu sebabnya berbagai banyak multivitamin yang ada menyertakan variasi beberapa jenis vitamin B yang disebut vitamin B-kompleks. Berikut ini penjelasan mengenai jenis vitamin B.

-          Vitamin B1 (Tiamin)
Fungsi: Mengubah zat karbohidrat dalam makanan menjadi energi.
Kebutuhan: Wanita 1,1 mg; Pria 1,2 mg; Wanita hamil dan menyusui 1,4 mg.
Sumber: Nasi, roti, sereal, tepung terigu, makanan laut seperti udang, kepiting atau kerang.

-          Vitamin B2 (Riboflavin)
Fungsi: Menjaga kesehatan mata dan kulit.
Kebutuhan: Wanita 1,1 mg; Pria 1,3 mg; Wanita menyusui 1,6 mg.
Sumber: Susu, keju, ayam, brokoli, bayam, jamur.

-          Vitamin B3 (Niasin)
Fungsi: Untuk kesehatan kulit, meningkatkan nafsu makan, memperbaiki sistem pencernaan serta membantu mengubah makanan menjadi energi.
Kebutuhan: Wanita 14 mg; Pria 16 mg; Wanita hamil 18 mg; Wanita menyusui 17 mg.
Sumber: Padi-padian, kacang-kacangan, daging sapi, jamur.

-          Vitamin B5 (Pantothenic Acid)
Fungsi: Bersama-sama dengan jenis vitamin B lainnya, vitamin B5 berguna dalam proses pemecahan lemak, protein, karbohidrat menjadi energi. Manfaat lainnya adalah untuk pembentukan sel darah merah dan membuat vitamin D.
Kebutuhan: Wanita 4 mg; Pria 6 mg; Wanita hamil 5 mg; Wanita menyusui 6 mg.
Sumber: Ayam, ikan sarden, alpukat, semangka.

-          Vitamin B6 (Piridoksin)
Fungsi: Diperlukan dalam proses asam amino dan lemak.
Kebutuhan: Wanita 1,3 mg; Pria 1,3 mg; Wanita hamil 1,9 mg; Wanita menyusui 2 mg. Kebanyakan konsumsi vitamin B6 dengan konsumsi lebih dari 50 mg per hari dapat menyebabkan kerusakan saraf secara permanen.
Sumber: Daging unggas, ikan, sapi, kentang, tomat, pisang, buah yang berwarna ungu dan sayuran hijau.

-          Vitamin B7 (Biotin)
Fungsi: Membantu dalam proses pemecahan lemak, protein menjadi energi yang akan digunakan oleh tubuh.
Kebutuhan: Wanita 25 mkg; Pria 30 mkg; Wanita hamil 30 mkg; Wanita menyusui 35 mkg.
Sumber: Daging ikan salmon, telur, susu, sereal, pisang dan kacang tanah.

-          Vitamin B9 (Folat)
Fungsi: Bertugas agar sel-sel pada tubuh berkembang dengan benar, membentuk sel darah merah dan mencegah kerusakan saraf pada janin.
Kebutuhan: Wanita 400 mkg; Pria 400 mkg; Wanita hamil 600 mkg; Wanita menyusui 500 mkg. Vitamin B12 yang berlebihan akan menyebabkan kekurangan vitamin B12.
Sumber: Susu dan produk olahan susu, bit, hati, melon dan sayuran berdaun hijau.

-          Vitamin B12 (Kobalamin)
Fungsi: Mengubah karbohidrat, protein dan lemak menjadi energi, menjaga sel darah merah tetap sehat, melindungi sel saraf, mencegah penyakitjantung, dan mencegah penyusutan otak yang dapat menyebabkan daya ingat menurun.
Kebutuhan: Wanita 2,4 mkg; Pria 2,4 mkg; Wanita hamil 2,6 mkg; Wanita menyusui 2,8 mkg.
Sumber: Daging sapi, daging ikan, hati, telur, susu, kedelai dan rumput laut.

Vitamin B banyak sekali manfaatnya. Khususnya bagi ibu hamil dan menyusui, harus selalu menjaga agar vitamin B cukup terpenuhi dalam menu makan sehari-hari. Bagi semua orang, vitamin B sangat menunjang terpenuhinya gizi yang baik

Mengolah Vitamin B
Dalam pengolahan atau jika harus melalui proses pemasakan, sebaiknya tidak direbus. Disarankan untuk mengolah menggunakan microwave atau dengan cara dikukus. Hal ini karena vitamin B mudah larut dalam air dan mudah rusak jika dipanaskan. Sebaiknya, simpan sumber makanan vitamin B dalam keadaan dingin di lemari es agar vitamin ini tetap terjaga.
Walau jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh tidak terlalu banyak, tetapi vitamin B yang memiliki jenis yang beraneka ragam bermanfaat bagi tubuh terutama dalam membantu tubuh mendapatkan energi. Dengan mengetahui jenisnya yang beraneka ragam dengan manfaat yang berbeda, anda dapat berusaha agar kebutuhan tubuh akan vitamin B tetap terpenuhi.

VITAMIN C

1.        Pengertian vitamin C
Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam airdan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagaipenyakit.
2.        Fungsi vitamin C
Fungsi Vitamin C selanjutnya adalah, membantu metabolisme kolesterol menjadi asam empedu, yang mungkin memiliki implikasi untuk tingkat kolesterol darah dan timbulnya batu empedu. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang sangat efektif untuk melawan radikal bebas.
3.        Akibat kekurangan vitamin C
Saat tubuh kekurangan vitamin C dan fungsi vitamin C tidak berjalan optimal dalam tubuh, maka tubuh akan mengalami beberapa gejala seperti, radang gusi, kulit kering, mimisan, nyeri sendi, anemia, dan penurunan kemampuan tubuh melawan penyakit.
4.        Akibat kelebihan Vitamin C
Dampak kelebihan vitamin C bagi yang belum pernah mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi ini adalah sakit kepala, mual, muntah, perut sakit, kram usus, diare, gangguan pencernaan, kelelahan, mengantuk, kemudian iritasi di kerongkongan, hingga pengeroposan gigi. 
5.        Sumber bahan pokok vitamin C
Tubuh tidak dapat memproduksi vitamin sendiri. Oleh karena itu, tubuh membutuhkan asupan vitamin C dari luar agar fungsi vitamin C dalam tubuh berjalan optimal. Sumber makanan yang mengandung vitamin C antara lain, jeruk, stroberi, tomat, buah kiwi, raspberi, adas, melon, dan masih banyak lagi.

VITAMIN D

1.      Pengertian vitamin D
Vitamin D adalah grup vitamin yang larut dalamlemak prohormon.[1] Vitamin D dikenal juga dengan nama kalsiferol.
2.      Fungsi vitamin D
Vitamin D sangat penting bagi kesehatan tulang karena berperan dalam penyerapan kalsium di lambung dan saluran pencernaan.
3.      Akibat kekurangan Vitamin D
Kekurangan vitamin D selama kehamilan dapat menyebabkan osteomalacia pada ibu hamil dan rakitis pada bayi yang akan dilahirkannya. Kekurangan vitamin D bisa terjadi pada orang yang lebih tua karena kulit mereka menghasilkan sedikit vitamin D saat terpapar sinar matahari.
4.      Akibat kelebihan vitamin D
Mengkonsumsi vitamin D sebanyak 10 kali dosis harian yang dianjurkan, selama beberapa bulan, bisa menyebabkan keracunan, yang mengakibatkan tingginya kadar kalsium dalam darah. 
5.      Sumber bahan pokok vitamin D
Vitamin D yang banyak berasal dari sinar matahari pagi bekerja pada mineralisasi tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor di dalam sistem pencernaan,sehingga kadarnya di dalam darah meningkat. Hal ini dilakukan dengan mengambil kalsium dari tulang dan dengan mendorong penyimpanannya oleh ginjal.

VITAMIN E

1.      Pengertian vitamin E
Vitamin E adalah nama umum untuk dua kelas molekul (tocopherol dan tocotrienol) yang memiliki aktivitas vitamin E dalam nutrisi.
2.      Fungsi vitamin E
Fungsi dari vitamin E yang utama adalah untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, serta juga mencegah penyakit seperti lever, PMS, mengurangi kelelahan dan memperlambat penuaan dini yang disebabkan oleh proses oksidasi.
3.      Akibat kekurangan vitamin E
Jika tubuh kekurangan vitamin E, maka yang pertama terjadi adalah sel darah merah akan mudah sekali terpecah dan rusak (hemolisis eritrodit). Efeknya, penderita akan mengalami kesulitan berjalan dan nyeri pada otot betis. Jika kekurangannya parah sampai akut dan berlangsung terlalu lama, maka bisa memicu kanker baru dalam tubuh.
4.      Akibat kelebihan vitamin E
Dampaknya secara umum yang pernah terjadi adalah pembengkakan bibir, pembengkakan lidah, pembengkakan wajah, kelelahan, sakit kepala, mual, penglihatan kabur, dan diare.
5.      Sumber bahan pokok vitamin E
Sumber – sumber vitamin E yang utama adalah seperti susu, sayuran hijau, kacang – kacangan, buah – buahan dan mentega. Makanan2 berminyak juga mengandung vitamin E. Untuk memperoleh manfaat dari vitamin E yang lebih banyak, lebih baik mengkonsumsi makanan segar bukan makanan olahan.


VITAMIN K

1.      Pengertian vitamin K
Vitamin K adalah vitamin yang larut dalam lemak.
2.      Fungsi vitamin K
Fungsi vitamin K ini untuk membantu proses pembekuan darah saat terjadi luka pada bagian tubuh. 
3.      Akibat kekurangan vitamin K
Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan gangguan pembekuan darah sehingga menyebabkan perdarahan yang sulit membeku.
4.      Akibat kelebihan vitamin K
Vitamin K yang berlebih dapat menyebabkan kerusakan sel darah merah, sakit kuning, dan kerusakan pada otak.
5.      Sumber bahan pokok vitamin K
Vitamin K ditemukan dalam berbagai makanan termasuk sayur-sayuran berdaun hijau, daging, dan produk susu. Vitamin K juga dapat berasal dari bakteri di usus yang mensintesis vitamin K yang kemudian diserap dan disimpan dalam hati.


Kesimpulannya : Ternyata hidup sehat itu gak terlalu sulit. 1 macem ja kita makan makanan yang tertera diatas manfaatnya sudah banyak sekali.

So masih mau Hidup yang gak sehat !!!!!!


 #Maaf ngak bisa nyertain link asal because banyak banyak saya sampe lupa.
# bagi yang butuh reerensinya silahkan cari sendiri...




Share your views...

2 Respones to "Kebutuhan tubuh sehari-hari"

Media Islam mengatakan...
3 Mei 2013 22.08

mas, mau tanya nih, aku sempet baca di koment mas.
"Situs tidak sesuai dengan kebijakan Google" itu maksudnya gmana dan cara memperbaikinya gmana? terima kasih

rudi chum mengatakan...
4 Mei 2013 10.01

waduh maaf juga ni mas, saya juga lupa udah nulis komen yang mana. Tapi lau untuk pertanyaannya mungkin bisa dicari di google karena saya juga bingung tentang hal tersebut.
Thanks too.

Poskan Komentar

Setelah dibaca jangan lupa tulis komentar dibawah ya !!!

 

Blogroll

Google+ Followers

© 2011 My Blog

This blog run on iThesis Theme & hosted by Blogger