Loree (1970 : 75) menyatakan
bahwa ada dua macam perilaku psikomotorik utama yang bersifat universal harus
di kuasai oleh setiap individu pada masa bayi atau awal masa kanak-kanaknya
ialah berjalan (walking) dan memegang benda (prehension). Kedua jenis
keterampilan psikomotorik ini merupakan basis bagi perkembangan keterampilan
yang lebih kompleks seperti yang kita kenal dengan sebutan bermain (playing)
dan bekerja (working).
Dua prinsip perkembangan utama
yang tampak dalam semua bentuk perilaku psikomotorik ialah (1) bahwa
perkembangan itu berlangsung dan yang sederhana kepada yang kompleks, dan (2)
dan yang kasar dan global (gross bodily movements) kepada yang halus dan
spesifik tetapi terkoordinasikan
(finely coordinated movements).
a.Berikut karakteristik
perkembangan psikomotorik pada masa kanak – kanak :
Usia 3 tahun:Tidak dapat berhenti
dan berputar secara tiba – tiba atau secara cepat,Dapat melompat 15-24
inchi,Dapat menaiki tangga tanpa bantuan, dengan berganti kaki,Dapat berjingkat
usia 4 tahun:Lebih efektif
mengontrol gerakan berhenti, memulai, dan berputar,Dapat melompat 24- 33
inchi,Dapat menuruni tangga, dengan berganti kaki, dengan bantuan,Dapat
melakukan jingkat 4 sampai 6 langkah dengan satu kaki
Usia 5 tahun: Dapat melakukan
gerakan start, berputar, atau berhenti secara efektif,Dapat melompat 28-36
inchi,Dapat menuruni tangga tanpa bantuan, berganti kaki,Dapat melakukan
jingkat dengan sangat mudah
b.Karakteristik perkembangan
psikomotorik pada masa anak besar
Pada anak besar perkembangan
keterampilan dapat diklasifikasikan menjadi empat kategori :
Keterampilan menolong diri
sendiri; anak dapat makan, mandi, berpakain sendiri dan lebih lebih
mandiri.Keterampilan menolong orang lain; keterampilan berkaitan dengan orang
lain, seperti membersihkan tempat tidur, membersihkan debu dan
menyapu.Keterampilan sekolah; mengembangkan berbagai keterampilan yang
diperlukan untuk menulis, menggambar, melukis, menari, bernyayi,
dll.Keterampilan bermain; anak belajar keterampilan seperti melemper dan
menangkap bola, naik sepeda, dan berenang.
c. Karakteristik Perkembangan
Psikomotorik Pada Remaja
Keterampilan psikomotorik
berkembang sejalan dengan pertumbuhan ukuran tubuh, kemampuan fisik, dan
perubahan fisiologi. Pada masa ini, laki – laki mengalami perkembangan
psikomotorik yang lebih pesat dibanding perempuan. Kemampuan psikomotorik laki
laki cenderung terus meningkat dalm hal kekuatan, kelincahan, dan daya tahan.
Secara umum, perkembangan psikomotorik pada perempuan terhenti setelah
mengalami menstruasi. Oleh karna itu, kemampuan psikomotorik laki – lski lebih
tinggi daripada perempuan.
0 Response to "PSIKOMOTORIK"
Posting Komentar
Komentar anda menyelamatkan kami :)